Chocolate Chiffon Cake

Chiffon Cake was really my own favorite cake. This time I took the recipe from Sedap Sekejap magazine (Sedap Sekejap Edisi 3/III/2002). I brought this magazine from my country 🙂 Actually I grabbed some of my mother’s magazines 🙂 Actually i took the recipe of Chiffon Cake Polos but i modified a bit with chocolate paste, then it would taste a bit of chocolate that’s why i called it chocolate chiffon cake.

Ingredients:

part A:

8 egg yolks

125 ml canola oil

125 ml water

200 gr plain flour

1/4 tsp baking powder

1/2 tsp soda kue

chocolate paste

Part B:

8 white eggs

250 ml sugar

1/4 tsp cream of tar-tar

How to Make:

1. Preheat the oven 160′. Sifter the flour, baking powder and soda kue. Add canola oil and water. Mix well then add egg yolk one by one. Mix again until becoming a paste.

2. Using the electric mixer, mix together white eggs, sugar and cream of tar-tar until it stiff.

3. Pour part B into part A and mix well slowly using the spatula. Then add a bit of chocolate paste into the batter.

4. Pour the batter into the chiffon pan. Then bake in the oven for about 1 hr.

5. After it done, try to put the skewer into the cake and it finished when the skewer come out clean. Put the cake upside down and let it cool.

Advertisements

[Random Snappet Kitchen] Banana Loaf with Cheese and Choco Chips Inside

Kembali menjawab tantangan masak-memasak disini. Kebetulan sekali dirumah ada sisa pisang, yang kemaren udah di bikin banana cake tapi gagal sekarang mending nyoba banana loafnya dr. Vina, di mana sekali menyelam minum air sebanyak-banyaknya deh 🙂 alias sambil masak, sekalian ikutan lomba siapa tau dapat hadiah 😀 at least sekalian mengasah ilmu foto gw juga. Resep aku copas dari sini ya. Untuk rasanya asli uenakkkk….pas banget dengan coklat dan keju. Tapi yang aku bingung, punya mbak Vina kok kejunya bisa melted ya sementara punya diriku, kejunya masih berbentuk kotak2 juga, mungkin harus di parut kali ya biar bisa melted. Dan untuk tingkat kegosongan serta ketinggian mungkin masih perlu diperbaikin, tapi secara tekstur udah pas kok dan rasa apalagi, dijamin uenak 😀

Bahan:

3 buah putih telur
100 gr gula pasir
2 buah pisang matang (yang kulitnya udah berbintik-bintik coklat), haluskan
75 gr mentega (saya pake butter), lelehkan –> saya juga pake butter…*toss dulu mbak Vina 🙂
200 gr self-raising flour (bisa bikin sendiri dengan mencampur per 225 tepung terigu dengan 2 sdt baking powder)
2 sdm susu bubuk (saya ganti pake creamer)
50 gr chocolate chips
75 gr keju cheddar, potong kotak-kotak kecil (atau diparut)

Cara Membuat:

1 Ayak jadi satu tepung terigu dan susu bubuk (atau dalam kasus saya: creamer). Panaskan oven 175 C. Olesi loyang loaf (ukuran 10x20x6cm) dengan mentega kemudian alasi kertas roti (bagian bawah dan pinggirnya)
Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan mentega cair. Tambahkan gecrokan pisang. Aduk rata. Masukkan tepung terigu. Aduk perlahan-lahan sampai tercampur rata.

3 Tuang ke dalam loyang sampai seperempat bagian. Taburi dengan chocolate chips dan potongan keju secara merata di seluruh permukaan adonan. Tuang sisa adonan menutupi taburan keju&coklat.

4 Panggang di dalam oven selama 25-30 menit
Tip: ketika setengah matang (sekitar menit ke 15), tutup bagian atas loaf dengan aluminium foil. Masukkan kembali ke dalam oven, panggang sampai benar-benar matang.

5 Angkat dari oven, dinginkan didalam loyang loaf. Potong-potong sesuai selera.

Caramel Cake

Masih semangat untuk bikin kuweh nih, sekarang kuweh yang jadi kesukaan pribadi 🙂 Aku paling suka ama caramel cake kayak gini, jadi waktu liat di website NCC, langsung kepincut pengen nyoba bikin juga. Akhirnya kali ini kesampean juga deh. Dan hasilnya tidak mengecewakan.

Bahan:
425 gr     gula pasir
450 ml     air panas
180 gr     tepung terigu
50 gr       tepung maizena
8 btr        telur ayam
150 gr     margarin
2 sdt        soda kue
200 ml     susu kental manis
Cara Membuatnya:

  1. Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan.
  2. Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. Matikan mixer.
  3. Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  4. Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
  6. Panggang dalam oven, suhu 180’C selama kl. 40 menit atau sampai matang.
Untuk beberapa tips, bisa langsung dilihat di website NCC yaaaaa…….

Chiffon Pandan Cake

ANother recipe from NCC.

Adonan Pasta50 g            Gula pasir
20 g            Susu bubuk full cream
20 g            Tepung maizena
140 g          Tepung terigu
1 sdt           BPDA
100 ml         minyak sayur
100 ml         santan sedang
140 g          kuning telur
1 sdt           pasta pandan

Adonan Putih Telur

300 ml        Putih telur
150 gr         Gula pasir
½ sdt          Garam halus
1 sdt           Cream of tartar (optional)

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven 150 derajat Celsius.
  2. Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
  3. Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar (jika pakai) hingga puncak tumpul (soft peak).
  4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
  5. Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apa-apa. Panggang kurang lebih 90 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
  6. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
  7. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
  8. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.

Bolu Gulung Putih Telur dengan Filling Cream Cheese Frosting

Ceritanya baru belajar bikin bolu gulung dan kebetulan dirumah lagi ada persediaan putih telur jadi nyontek resep bolu gulung putih telur pelanginya mbak Tiwi.
Resep Bolgul Putel dengan filling cream cheese frosting

Bahan :
350 ml putih telur
250 gram gula pasir
1 sdm cake elmusfier
130 gram tepung trigu
20 gram susu bubuk
garam secukupnya
150 gram margarin aku ganti 150 gram butter yang mana aku cairkan aja karena males ngocok sampe lembut

Cara Membuat :
1. Kocok putih telur,gula dan cake elmusfier hingga kental dan mengembang.
2. Masukan trigu,susu,garam,dan mentega aduk rata
3. Siapkan loyang yang telah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan dan ratakan.
4. Panggang dalam suhu 200C selama 15-20 menit atau hingga matang.Angkat
5. Balikan kue, olesi dengan cream cheese frosting keseluruh permukaan hingga rata, gulung padat dengan kertas roti sebagai alasnya.
6. Potong-potong. Sajikan
Untuk resep Cream Cheese Frosting
Bahan:
125 gr Cream Cheese, lembutkan
30 gr butter, lembutkan
1 tsp kulit lemon parut
1 tsp jus lemon
1 1/2 cups icing sugar (aku pake cuma 1 cup saja, takut kemanisan)
Cara membuat:
  1. Masukan cream cheese, butter, parutan kulit lemon, dan jus kedalam mangkuk adonan. Mixer dengan kekuatan medium-high sampai lembut.
  2. Kurangi kecepatan mixer dan sedikit demi sedikit masukan gula(icing sugar) dan mixer kembali sampai lembut.
Variasi untuk cream cheese filling bisa dengan menggunakan passionfruit ataupun vanilla.